Rahasia Post Menjadi No. 1 Google

Halo sobat blogger semua…!, senang sekali berjumpa dengan anda. Sudah lama saya ingin berbagi ilmu tentang Tips Teknik SEO, tapi masih saya pikir2..hehe..soalnya sudah banyak blog-blog tutorial yang membahas masalah Tips Teknik SEO ini, terutama yang berhubungan dengan Keyword (kata kunci), Tags (Label dalam blogspot) dan Content (isi postingan). Namun sepanjang pengamatan saya (atau karana saya tidak tau..hehehe) masih banyak yang mengulas hanya pokok-pokoknya saja. Di situ tidak dijelaskan tentang “action” apa saja yang harus dilakukan sehubungan dengan hal-hal tadi. Sehingga tidak sedikit para blogger pemula yang masih bingung dan kurang benar dalam penerapannya.
Dalam halaman ini sengaja saya tidak menaruh iklan apapun, agar sobat blogger tidak terganggu saat membaca tulisan saya ini. OKE? Kita mulai dengan pengertian keyword tertarget.
Keyword (kata kunci) tertarget adalah keyword – dimana merupakan kata/kalimat yang paling banyak dicari dalam Search Engine (Google, Yahoo atau MSN). Mungkin sobat blogger sudah pernah posting dengan sebuah keyword tertentu. Yang perlu sobat blogger perhatikan adalah :
1. Apakah keyword yang kita gunakan itu berupa keyword tertarget?
2. Berapakah banyaknya saingan dalam search engine yang menggunakan keyword tersebut? Hal ini kaitannya untuk mencapai posisi 1 atau halaman pertama search engine Google.
3. Seberapa banyak orang yang mencari keyword tersebut dalam 1 bulan? Tentunya akan sia-sia kita memakai keyword yang tidak ada pencarinya bukan?

Nah, agar lebih jelasnya mari ikuti langkah-langkah yang akan saya sampaikan berikut ini.

Tentukan Tema untuk mencari Keyword Utama

1. Sebelum kita melakukan postingan, kita harus sudah punya gambaran terlebih dahulu tentang tema apa yang akan kita bahas. Dalam hal ini saya akan berikan contoh : misalnya kita akan membahas soal FENG SHUI. Yang anda lakukan adalah mencari keyword tertarget yang berhubungan dengan kata “FENG SHUI” itu.
2. Gunakan Google Adword Keyword Tools untuk menganalisa kata feng shui, sehingga kita mendapatkan keyword tertarget. Caranya : buka Google Adword keyword Tools, lalu ketikkan kata feng shui di kotak kosong. Kemudian ketikkan kode verifikasi dan klik Get keyword ideas.
Dari hasil analisa, akan muncul bermacam-macam keyword yang berhubungan dengan kata feng shui tadi.
3. Urutkan berdasarkan pencari terbanyak dalam tiap bulannya dengan meng-klik Global Monthly Search Volume dan ganti Match Type dari “Broad” menjadi “Exact”. Semakin banyak pencarinya biasanya semakin banyak pula saingannya. Kalau saingannya banyak, maka akan menyulitkan kita untuk menduduki halaman pertama Google apalagi untuk di posisi 1.
4. Saran saya (untuk amannya) pilihlah keyword tertarget (dari hasil analisa tadi) yang jumlah pencarinya antara 100-350 saja, biar saingannya sedikit. Untuk kasus postingan saya, kemarin saya pilih yang pencarinya 720 (hehehe..agak berat kali) yaitu keyword feng shui bedrooms. ( Lihat Gambar )
Nah, sobat blogger…keyword feng shui bedrooms inilah yang nantinya akan kita gunakan sebagai keyword utama dalam postingan, yang tentunya sudah merupakan keyword tertarget karena sudah melalui proses analisa. Lalu apa lagi..?

Tentukan Tags/Label dalam Postingan

Tags/label seringkali diabaikan oleh para blogger dalam menulis postingan. Padahal hal ini sangat penting dalam pencarian search engine. Tags/label adalah kata/kalimat yang sering dicari orang dalam search engine ~ yang masih ada hubungannya dengan Keyword Utama tadi. Hal ini sangat penting, karena tidak semua orang akan menuliskan kata “feng shui bedrooms” dalam pencarian di Google misalnya. Bisa jadi ditulis dengan berbagai variasi menurut kebutuhan masing-masing.
Nah, Google sendiri sudah mempunyai database tentang keyword apa saja yang sering dicari berkaitan dengan keyword “feng shui bedrooms”. Cara mencari keyword-keyword yang berhubungan dengan keyword utama tadi, sama seperti saat kita menganalisa tema. Yaitu :
1. Buka lagi Google Adword keyword Tools, lalu ketikkan kata feng shui bedrooms dalam kotak. Klik Get keyword ideas. Pencarian dilakukan…nah, sekarang akan terlihat hasilnya.
2. Pastikan sudah diurutkan berdasarkan pencari terbanyak di Global Monthly Search Volume.
3. Ambil 5-10 keyword dari urutan paling atas ke bawah, dan taruh sebagai Tags (dalam Word Press) atau Label (dalam blogspot).

Kesimpulan yang didapat

KEYWORD : feng shui bedrooms
TAGS/LABEL : bedroom feng shui, feng shui bedroom tips, feng shui bedroom colors, feng shui bedrooms, feng shui for bedroom, feng shui for the bedroom, feng shui bedroom layout, feng shui your bedroom, feng shui bedroom color, feng shui bedroom design.
Itulah beberapa langkah awal untuk persiapan postingan yang akan kita lakukan yaitu mencari Keyword tertarget dan Tags/Label. Apabila kita telah melakukannya dan berposting dengan benar, maka kita bisa cek apakah postingan kita bisa terindeks di Google dengan baik atau belum.
Saya ingatkan ke sobat blogger, kita jangan terpaku untuk menduduki nomor 1, tapi saya katakan di halaman awal Google. Yaitu antara halaman 1-5 kalau bisa..berarti urutan 1-50..Kenapa saya katakan demikian? Karena tidak mesti yang posisi 1 akan di klik oleh orang (bener ga kira2..?) bisa saja mereka lebih memilih yang nomor 5, 7, atau bahkan 15.
Nah, gimana sobat2? Silahkan berkomentar di bawah ini..kalau ada yang ditanyakan akan saya jawab sejauh pengalaman saya menimba ilmu tentang Tips Teknik SEO. Semoga bermanfaat…

1 komentar:

sepriyanto mengatakan... on 1 Juli 2012 pukul 02.48 Reply Comment

gan saya mau bertanya ne bagaimana kalau meperbanyak backlink supaya posting kita menjadi no 1?

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Yang Sopan Sobat...
Smoga Bermanfaat trimakasih udah mampir y ....